Ayo Ajak Anak Mengenal Huruf

Jum'at, 07 Agustus 2015
Ayo Ajak Anak Mengenal Huruf

Mengenalkan anak dengan huruf, baiknya dimulai dari usia berapa?

Well, tergantung, kalau Anda sendiri sebagai orangtua yang berniat mengenalkan anak dengan huruf kegiatan ini bisa dimulai sedini mungkin tergantung kesiapan Anda sebagai orangtua untuk mulai mengajarkan dan kesiapan anak Anda untuk mulai belajar tentu saja. Tapi kalau orangtua menyerahkan urusan mengenalkan anak dengan huruf kepada "pihak luar" yaaaa... tunggu sampai anak masuk sekolah, nanti biar dikenalkan oleh gurunya saja.

Saya pribadi, tak berpatokan dengan usia, saat mengenalkan anak dengan huruf "ABC", untuk sulung saya karena saat itu dia masih sendiri alias belum punya adik, saya iseng memulainya saat dia usia 3 tahun, saya tak bekerja, hanya jadi ibu rumah tangga yang cuma diem di rumah dan kadang membuat saya bosan.

Memanfaatkan waktu bosan dan waktu bermainnya, saya kenalkan dia dengan huruf. Caranya pun tak susah, cuma modal berupa menara huruf ABC dan semua blok, dan permainan tentang huruf yang jaman sekarang ini mudah dibeli. Waktu itu gadget belum ngetop kayak sekarang jadi tak ada alat yang bisa membuat dia teralihkan. Hasilnya kegiatan iseng saya membuahkan hasil, usia jalan 4 tahun sulung saya sudah kenal huruf dengan sempurna, maksudnya dia tak hanya mampu mengenali hurufnya saja, tapi juga bunyi dari masing masing huruf tersebut, dia juga bisa memberikan saya contoh kata yang berawalan dengan salah satu huruf yang saya minta, misalnya:

Letter: B

Sound of letter B = Beh,

B for Ball. Walau mungkin ini cuma dari hasil menghapal, tak masalah buat saya.

Saya kebetulan bergabung dengan grup ibu-ibu yang semuanya homeschooler alias mengajar anak sendiri di rumah, para ibu ini, mereka mulai mengenalkan anak mereka dengan huruf saat anak usia 3 tahunan, tapi ada satu ibu - yang kebetulan homeschool teacher---mulai mengenalkan anaknya dengan huruf saat usianya 15 bulan, reaksi saya cuma gelengan kepala tak percaya, apa tak terlalu dini? Lagian apa iya anak akan mengerti huruf di usia bayi begitu? Itulah pertanyaan saya.

Dia bilang enggaklah.

Kegiatan mengenalkan anak dengan huruf, tak langsung dimulai dengan bilang, "Ini loh 'Nak huruf A," mengerti? Tapi bisa dimulai dengan mengenalkan mereka dengan bentuk-bentuk huruf dalam satu kata. Maksudnya dengan menggunakan kartu kata atau flashcard, caranya?

Tulislah kata di kertas, tulisannya besar-besar yaaa, lalu warnai dan tunjukkan ke anak, misalnya kata: Bola.. dan seterusnya tunjukkan berkali-kali berhari-hari katanya kegiatan ini mampu merangsang anak untuk membedakan bentuk huruf di kata tersebut jika dilakukan berulang-ulang, dan juga membantu mereka bicara lebih cepat dengan merangsang otak mereka untuk mengenali kata dan mengucapkannya. Kegiatan yang kreatif dan juga rajin.

Ini mengingatkan saya akan buku Baby can read yang salah satu metode mengenalkan anak dengan huruf adalah dengan rajin menunjukkan kartu bertuliskan kata--flashcard--- kepada anak yang dilakukan satu per satu dan per kata, walau kelihatannya sepele dan main-main, tapi kegiatan ini dinilai orang tua efektif, walau menurut saya tetaplah efektifnya ini subjektif juga sih... tergantung kesiapan anak dan rajinnya orangtua mengajak anak mainan kartu kata tersebut, saya pribadi belum pernah mencobanya. Karena tak ada anak saya yang saya kenalkan dengan huruf  di usia bayi 15 bulan, bahkan 2 tahunan.

Sekali lagi mengenalkan huruf dan semua kegiatannya, memang diserahkan kepada orangtua dengan melihat kesiapan anak tentu saja, saya termasuk yang berprinsip mengenalkan anak dengan huruf bukan tugasnya si Mister Gadget, tapi lebih enak jika saya ajarkan sendiri, selain ada bond atau ikatan yang bisa terkoneksi antara anak dan saya sebagai orangtua, komunikasi mengenalkan huruf ini juga berlangsung dua arah, kalau gurunya si Mister Gadget, gimana juga anak mau komunikasi dengan si Mister Gadget bukan?

Baiklah, dengan menjadikan kegiatan mengenalkan huruf kepada anak semacam permainan. Ini cara saya untuk mengenalkan anak dengan huruf, yang mungkin bisa memberi Anda ide yaaa, yang mesti diingat kegiatan ini harus dibuat seperti kegiatan bermain loh, jadi anak tak merasa dipaksa, dan juga tak ada tenggang waktu, seberapa lama anak harus mampu mengenal satu huruf, semua kegiatan ini dibuat santai saja, yang penting anak menikmati kegiatannya, its time to play, bukan its time to learn, walau mereka gak nyadar, justru dari kegiatan bermainnya itulah, mereka belajar.

1. Gambar  huruf besar dan huruf kecil di kertas gambar kosong--gambarnya yang besar yaaa

2. Tunjukkan pada anak dan beri tau bahwa itu huruf "A dan a" jangan terburu buru, tetap tunjukkan kertas huruf A (A besar) terlebih dahulu. Oh ya, beri tahu juga bunyi dari huruf A itu, contohnya: ini huruf A bunyinya = A bukan Ah

3. Saat Anda merasa anak sudah mampu mengenali huruf tadi, tulis atau cari kata yang bermula dengan huruf A, tunjukkan kata tadi kepada anak, contohnya A untuk Apel, ajak bermain mereka dengan memberi anak pertanyaan: ada huruf A ngumpet di kata Apel, yang mana coba?

4. Saat anak sudah mampu mengenali huruf A beserta bunyinya, berikan pensil warna, dan ajak anak untuk mewarnai huruf A tadi... inikegiatan yang paling anak saya sukai. Sekarang tinggal mengajarkan anak huruf "a" kecil dan ini penting karena di semua kata, huruf yang digunakan adalah huruf kecil bukan? Sabar ajah, sampai anak mengerti untuk membedakan huruf "A" dan "a", warnai juga huruf "a " tadi saat anak mampu mengenali dan membedakannya dengan huruf "A"

5. Gunting huruf "A dan a" yang telah diwarnai tadi--bantu anak mengunting atau Anda yang menggunting terserah deh-- dan tempelkan huruf "A dan a" itu di papan huruf, atau di tempat yang mudah terlihat anak, di kamarnya, diruang bermainnya, atau bahkan di lantai seperti saya. Kalau di lantai hati hati juga kadang suka keinjek-injek nih... jadi agak ke pinggir deh naruh hurufnya...

6. Lakukan seterusnya, dan jangan lupa terus beri anak pertanyaan tentang huruf yang telah dia ketahui itu yaaa, biar gak lupa, kadang saat kita baca baca majalah atau koran kan suka ada gambar kan, misalnya gambar apel, bola, ini juga bisa dibuat permainan dengan memberi anak pertanyaan: ini gambar apa? Ada huruf A-nya gak? dan lain lain, buatlah sekreatif mungkin agar anak tak bosan.

7. Jangan paksa anak, dan jangan membuat dia lelah, liat sikon yaaa, kalau dia sedang bad mood dan malas jangan diajak maenan huruf ini, kawatir anak akan menganggap kegiatan ini not fun at all, inget ini kegiatan bermain, jadi waktunya happy-happy bareng anak. Anda bisa mendapatkan sarana belajar anak berupa mainan anak edukatif di http://kidzntoys.com.

Selamat mencoba...!

Source:  www.ummmariam.com

 



  Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

thank u kidzntoys.... barang udh nyampe dgn cepat. barangnya juga bagus.. sip...

- Lina

paket sdh diterima ya bu, anak saya suka sekali dengan mainan edukatif ini.. terima kasih.....

- sinta dewi

Harga yang tertera di blog ini kok lebih mahal ya dari yang ada di bukalapak ...........

- Lisa

mainannya sudah nyampe.. anak saya suka.. thx ya kidzntoys...

- sansan



Info Pengiriman



Info Pembayaran

Sandra Jessica 78-05-000-996


KidznToys

BSD City Tangerang
081346616600 / 0811536573
57dab6da
081346616600
cs@kidzntoys.com